• Minggu, 29 Januari 2023

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI Bakal Gugat ke MK

- Jumat, 9 Desember 2022 | 08:57 WIB
Ketua SMSI Pusat Firdaus: Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI Bakal Gugat ke MK (Istimewa )
Ketua SMSI Pusat Firdaus: Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI Bakal Gugat ke MK (Istimewa )

PANDEGLANGNEWS.CO.ID, - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi undang-undang dalam rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPR RI, Selasa (06/12/2022). 

Pengesahan RKUHP itu dinilai oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) terkesan dipaksakan untuk ditetapkan. SMSI yang beranggotakan sekitar 2000 perusahaan pers siber akan menggungat pengesahan KUHP melalui Mahkamah Konstitusi (MK). 

Baca Juga: Menpora RI Apresiasi Penyelenggaraan Malam Anugerah Olahraga SIWO PWI

Untuk apa terburu-buru disyahkan, sementara sosialiasi kepada masayarakat belum maksimal, dan banyaknya masukan dari berbagai elemen masyarakat, terutama Dewan Pers bersama konstituennya, yang belum terakomodir.

“Ini terkesan dipaksakan, pengesahan RKUHP. SMSI khawatir pasal-pasal yang ada, masih banyak yang mengancam pelanggaran HAM, Kemerdekaan Pers dan Demokrasi. Beberapa pasal juga, kami nilai berpotensi mengkriminalisasi karya jurnalistik dan melanggar kebebasan pers,” ujar Ketua Umum SMSI Firdausdalam keterangan persnya, Jumat, 9 Desember 2022. 

Baca Juga: Lewat Semiar Nasional, PDPM Pandeglang Ajak Generasi Milenial Cinta Lingkungan

Meski tidak secara detil menyebut pasal per pasal, SMSI merasa khawatir dengan masih banyaknya pasal-pasal dalam KUHP yang baru direvisi, bertentangan dengan prinsip dasar hak asasi manusia, kemerdekaan pers dan demokrasi.  

Di antaranya hak atas kesetaraan di hadapan hukum dan perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi, hak atas privasi dan hak atas kebebasan beragama atau berkeyakinan, serta kebebasan berpendapat dan berekspresi. 

Baca Juga: Berbahaya! Jangan Berlama-lama di Toilet, Jin dan Setan Tinggal Didalamnya

Halaman:

Editor: Muhamad Agus Salim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keunggulan Botol Minum Corkcicle dan Kisaran Harganya

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:23 WIB

Terpopuler

X