• Selasa, 29 November 2022

Seminar Pancasila Bahas G20 Bali Berhasil Bawa Pancasila untuk Dunia

- Senin, 21 November 2022 | 19:59 WIB
Suasana Seminar Pancasila Series 5 yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (istimewa)
Suasana Seminar Pancasila Series 5 yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (istimewa)

PANDEGLANGNEWS.CO.ID, - Setelah suskes menyelenggarakan Seminar Pancasila Series 1 sampai 4, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menyelenggarakan kembali Seminar Pancasila Series 5, Senin (21/11).

Sebagai pamungkas dari seluruh rangkaian Seminar Pancasila di tahun 2022. Menggandeng Kompas TV, Seminar Pancasila ini diisi oleh 5 (lima) narasumber, di antaranya, Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A., Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Brigjen. TNI Heru Langlang Buana, S.I.P., M.Si., Penulis Buku Pancasila dari Indonesia untuk Dunia, Bernada Rurit, dan Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe Suardana. Hadir pula secara daring langsung dari Jenewa, Diplomat RI sekaligus Sekretaris Pertama PTRI Jenewa, Nara Masista Rakhmatia.

Baca Juga: Klab Literasi : Membaca Itu Sehat Menulis Itu Hebat

Menyambut momentum G20, Seminar Pancasila Series 5 yang diselenggarakan di Universitas Udayana, Bali ini mengambil tema “Pancasila, Inspirasi Dunia untuk Kesejahteraan dan Perdamaian”. Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jendral TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, menuturkan, tema tersebut sejalan dengan semangat yang ingin diciptakan Indonesia dalam G20 beberapa waktu yang lalu.

“Presiden Joko Widodo telah menyerukan, hentikan peperangan demi mewujudkan perdamaian dunia. Ini sangat menguatkan nilai-nilai Pancasila untuk Dunia”, ungkapnya.

Baca Juga: Hari Pahlawan Bukan Hanya Diingat, Tapi Diteladani

Diskusi yang dipandu moderator Presenter Kompas TV, Frisca Clarisa ini berjalan dinamis dengan materi diskusi yang menggugah semangat kebangsaan dalam bingkai narasi Pancasila. Ditaya Frisca, apakah G20 memainkan diplomasi Pancasila? Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A. menjelaskan 3 tataran tolok ukur keberhasilan diplomasi Pancasila dalam Presidensi G20, yakni tataran negara, substansi, dan masyarakat.

Dalam tataran negara, Djumala menjelaskan, perhelatan akbar G20 berhasil mempertemukan 2 pihak yang sedang berseteru dengan berdialog.

Baca Juga: GP Ansor Banten Laporkan Pemilik Akun Faizal Assegaf ke Polda Banten

Halaman:

Editor: Muhamad Agus Salim

Sumber: BPIP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolsek Picung Bantu Pengungsi Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 | 23:01 WIB

Klab Literasi : Membaca Itu Sehat Menulis Itu Hebat

Jumat, 18 November 2022 | 09:15 WIB

Hari Pahlawan Bukan Hanya Diingat, Tapi Diteladani

Kamis, 10 November 2022 | 19:20 WIB

Puluhan UMKM di Banten Diberikan Pelatihan Ekspor

Jumat, 4 November 2022 | 14:46 WIB
X