• Selasa, 4 Oktober 2022

Mimpi Sekolah Layak Kini Terwujud, Bangkitkan Asa Cita-cita Pelajar di Pelosok Banten

- Kamis, 1 September 2022 | 17:28 WIB
potret Mimpi Sekolah Layak Kini Terwujud, Bangkitkan Asa Cita-cita Pelajar di Pelosok Banten (istimewa)
potret Mimpi Sekolah Layak Kini Terwujud, Bangkitkan Asa Cita-cita Pelajar di Pelosok Banten (istimewa)

PANDEGLANGNEWS.CO.ID, - Beberapa waktu yang lalu Dompet Dhuafa bersama para donatur sempat mengunjungi salah satu kampung yang ada di ujung wilayah Provinsi Banten. Kamancing, itu lah nama kampung yang berada di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Letakmya yang berada di atas dataran tinggi membuat akses menuju ke Kampung Kamancing hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

Tidak mudah untuk mencapai Kampung Kamancing, jalur yang cukup terjal dan berbatu membuat perjalanan cukup menguras keringat dan memakan waktu cukup lama. Sesampainya di sana mata langsung disambut dengan nuansa pedesaan yang jauh akan kebisingan. Uniknya ada sebuah bangunan sekolah yang berdiri tepat di muka Kampung Kamancing.

Baca Juga: Puluhan Bangunan PKL di Pasar Cimol Diratakan Satpol PP

Namun, jika kita perhatikan dengan seksama, sekolah ini terlihat sangat rapuh dan jauh dari kata layak sebagai sarana mengenyam pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa. Kondisi yang memprihatinkan ini lah yang menggerakan Dompet Dhuafa untuk mengajak masyarakat luas saling bergandeng tangan untuk merenovasi bangunan sekolah di Kampung Kamancing ini.

Beberapa bulan berlalu, Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari tangan-tangan baik untuk melakukan renovasi total sekolah ini. Masyarakat Kampung Kamancing sangat antusias dengan adanya bantuan ini.

Mereka saling bergotong royong untuk memperbaiki sekolah yang tadinya terlihat hampir roboh, bahkan bisa dikatakan sekolah ini mengalami pembangunan ulang agar lebih kokoh dan aman untuk anak-anak belajar setiap harinya.

Baca Juga: Sejarah! MTs Manba'ussalam Lahirkan 6 Pramuka Garuda

Masyarakat bahkan membuat kelompok yang dibagi perharinya untuk mengerjakan pembangunan ulang sekolah. Selain itu, akses yang jauh mengakibatkan bahan material sangat sulit untuk dibawa ke Kampung Kamancing.

Hal ini disiasati masyarakat dengan membuat jadwal setiap Hari Selasa dan Kamis untuk bersama-sama mengangkut bahan material yang berat dengan berjalan kaki.

Bukan hanya kaum laki-laki saja yang andil dalam gerakan gotong royong ini, para ibu-ibu bahkan anak-anak yang juga siswa dari sekolah tersebut ikut membantu membawa material tersebut sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Diskoperindag Pandeglang Jual Ribuan Paket Sembako Murah

Tanpa memikirkan imbalan apa yang akan didapatkan, masyarakat dengan sukarela meluangkan waktu dan tenaganya demi mewujudkan pendidikan layak bagi anak-anak mereka dengan bergotong royong.

Beberapa waktu telah berlalu, kini proses renovasi total sekolah di Kampung Kamancing sudah mencapai 80%. Menurut Kholil (39) Ketua RT 01/13 yang ikut langsung dalam pengerjaan sekolah tersebut menjelaskan, proses pembangunan akan rampung pada akhir Agustus bulan ini dan dapat dipergunakan dengan sepenuhnya. Tinggal satu kelas lagi yang sedang dalam proses penyelesaian dan sedang dipercepat.

Baca Juga: Fokus dan Allip Banten Kritisi Kebijakan Pemkab Pandeglang , Uday Suhada : Jangan Memaksakan Kehendak

“Kami perkirakan akhir Agustus nanti sekolah ini selesai dikerjakan dan siap untuk digunakan seluruh ruang kelasnya. Kami melihat kondisi cuaca juga karena mempengaruhi proses pengerjaan dan pengambilan bahan material di bawah sana.

Halaman:

Editor: Muhamad Agus Salim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HUT Ke-22, Pemprov Banten Gelar Istighosah

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Rakerwil APJII Banten, Hilangkan Blank Spot di Banten

Jumat, 30 September 2022 | 22:37 WIB

Menanti Progres Pasca PPS

Kamis, 29 September 2022 | 18:32 WIB

54 Perusahaan Tercatat Ramaikan Public Expose Live 2022

Senin, 12 September 2022 | 10:39 WIB

Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah Bebas Hari Ini

Selasa, 6 September 2022 | 14:50 WIB

Terpopuler

X