• Selasa, 16 Agustus 2022

Raperda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Diyakini Dapat Wujudkan Kemandirian dan Partisipasi Masyarakat

- Selasa, 5 Juli 2022 | 21:22 WIB
Dokumentasi Rapat Paripurna, Raperda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Diyakini Dapat Wujudkan Kemandirian dan Partisipasi Masyarakat (Istimewa )
Dokumentasi Rapat Paripurna, Raperda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Diyakini Dapat Wujudkan Kemandirian dan Partisipasi Masyarakat (Istimewa )

PANDEGLANGNEWS.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengapresiasi DPRD Provinsi Banten, serta Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Banten yang telah menyelesaikan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Hal itu disampaikan Al Muktabar dalam sambutannya di Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten dengan agenda Pengambilan Keputusan Atas Persetujuan Terhadap Raperda tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Pengambilan Keputusan Atas Persetujuan Terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Banten TA 2021, Selasa 5 Juli 2022.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-76, Ketua DPRD Banten Berharap Polri Lebih Pintar dari Pelaku Kejahatan

"Dengan disetujui Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini, maka Pemerintah telah melaksanakan amanat Pasal 112 dan Pasal 114 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta Pasal 127 ayat (2) PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan PP 47 Tahun 2015," ungkap Al Muktabar.

"Di mana dalam peraturan tersebut mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah agar melakukan pembinaan dan pengawasan baik terhadap Pemerintahan Desa dan masyarakat Desa," sambungnya.

Baca Juga: Hotel Horison Swarna Lebak Beri Promo Menginap Khusus nan Menarik Bagi Pemilik KTP Jakarta & Jabar

Menurutnya, dengan diaturnya pemberdayaan masyarakat dan Desa, diharapkan kemandirian dan partisipasi masyarakat Desa dalam pembangunan dapat meningkat untuk menunjang keberhasilan otonomi daerah.

"Pemberdayaan masyarakat dan Desa dalam Peraturan Daerah ini ditunjukan terhadap dua aspek besar, yakni yang pertama pemberdayaan dan pendayagunaan lembaga kemasyarakatan Desa dan kerjasama Desa," katanya.

Baca Juga: Bingung! Tak Punya Smartphone Untuk unduh Apk MyPertamina, Daftar Ofline Bisa, Berikut Titik Lokasinya.

Halaman:

Editor: Muhamad Agus Salim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X