31 Mei 2022 Diperingati Hari Tanpa Tembakau, World No Tobacco Day

- Selasa, 31 Mei 2022 | 10:54 WIB
31 Mei 2022 Diperingati Hari Tanpa Tembakau, World No Tobacco Day (Tangkapan layar Twibbonize)
31 Mei 2022 Diperingati Hari Tanpa Tembakau, World No Tobacco Day (Tangkapan layar Twibbonize)

PANDEGLANGNEWS.CO.ID - Setiap tanggal 31 Mei warga dunia selalu memperingati hari ini dengan nama hari tanpa tembakau. Diketahui terlahir atau disepakati sejak pada tahun 1987 oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Hari tanpa tembakau ini diperingati sebagai inisiasi peringatan kepada seluruh warga dunia, khususnya bagi perokok aktif untuk mengurangi kebiasaan buruk merokok baik tembakau ataupun elektrik.Baca Juga: Raih WTP Enam Kali Berturut Turut, Bupati Pandeglang: Hasil Kerja Keras Pemerintah dan Dukungan Masyarakat

Hari tanpa tembakau sedunia pada tahun 2022 kali ini, salah satu caranya demo atau sosialisasi penulis agar memberikan edukasi dan semangat serta sekaligus ultimet bagi penikmat asap candu bahwa untuk tidak memanjakan hasrat candu yang bisa merusak kesehatan, baik dirinya maupun orang lain.

Melihat sejarah terciptanya peringatan hari tanpa tembakau ini, bermula pada awal gerakan World No Tobacco Day, menyerukan kepada para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia pada tanggal 31 Mei tersebut.

Baca Juga: Gelar Parade Kemenangan Atlet Sea Games, Kapolri Fokus Kembangkan Olahraga Sepeda Indonesia

Sementara Negara-negara Anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan hari tanpa tembakau sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, menuai reaksi positif dari beragam unsur dunia, berupa dukungan baik itu dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat. Tidak berenti sampai disitu reaksi negatif berupa cemoohan dari para perokok, menuai kontrofersi dari perokok aktif, hingga petani tembakau, dan para industri rokok itu sendiri.

Tujuan terciptanya hari tanpa tembakau sedunia

Selain hal-hal yang disampaikan disebelumnya ada yang tidak lebih kalah pentingnya yaitu tujuan untuk mendorong masyarakat agar bisa mengurangi atau menghentikan dalam mengkonsumsi tembakau dalam bentuk apapun, terutama rokok. Sedangkan WHO mendesak negara-negara di seluruh belahan dunia untuk melawan hal-hal yang dapat berbahaya bagi kesehatan dampak dari rokok.

Baca Juga: Datangi DPRD Pandeglang, Masyarakat Banten Bersatu Pertanyakan Pengawasan Peredaran Miras

Halaman:

Editor: Eka Purnadi

Sumber: NDTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantapkan Bimtek PPS, KPU Gelar Rakor dengan PPK

Senin, 30 Januari 2023 | 19:47 WIB

Keunggulan Botol Minum Corkcicle dan Kisaran Harganya

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:23 WIB
X