Pemprov Banten Raih Penghargaan 5 Besar Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda dari Kemenpora

- Sabtu, 9 September 2023 | 12:23 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat menerima penghatgaan dari Menpora Dito
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat menerima penghatgaan dari Menpora Dito

PANDEGLANGNEWS.CO.ID - Pemerintah Provinsi Banten meraih Penghargaan Pemerintah Provinsi dengan Kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda Tinggi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Penghargaan diterima oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dari Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pemuda dan Olahraga 2023 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Catatan Kemenpora, Indeks Pembangunan Pemuda Provinsi Banten mengalami Kenaikan dari 47,83 pada tahun 2021 menjadi 52,17 pada tahun 2022. Terjadi kenaikan sebesar 4,34.

Baca Juga: Perluas Akses Layanan Kesehatan, Jaksa Agung RI Groundbreaking Rumah Sakit Umum Adhyaksa di Serang

"Ini adalah kerja sama Bapak/Ibu Bupati/Wali Kota dan Forkopimda secara komprehensif melakukan kerja-kerja kelembagaan. Sehingga ada hasil tentang peningkatan itu" ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

"Lebih jauh lagi, kita ingin implementatif tentang pemaknaan Indeks ini untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Dijelaskan, Peran generasi muda yang merupakan bonus demografi harus dipetakan. Tujuannya, penyiapan generasi muda ke depan untuk Penyerahan tongkat estafet agenda kerja pembangunan.

Baca Juga: Target 10 Besar di PON XXI Aceh-Sumut, KONI Banten Gelar Bimtek Diktar

"Kesiapan pemuda bisa disiapkan melalui apa yang disebut Pemerintah hadir dan kebersamaan dalam rangka pendekatan yang lebih komprehensif," ungkap Al Muktabar.

Dipaparkan, Provinsi Banten terdiri dari delapan Kabupaten/Kota. Dalam agenda-agenda kepemudaan dan keolahragaan sebagai satu kesatuan, pihaknya menyiapkan peran Pemerintah Provinsi Banten dalam mengkoordinasikan agenda kepemudaan dan keolahragaan Kabupaten/Kota.

"Kita akan berkontribusi di sana dengan segenap potensi kepemudaan yang ada di Provinsi Banten," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Minta Pemerintah Pusat, Lebak Menjadi Pilot Project Penanganan Stunting

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Ahmad Syaukani, pada Rencana Aksi Daerah (RAD) ada 5 aspek yang dinilai pada kepemudaan. Yakni: kesehatan, pendidikan, kesempatan kerja, kesetaraan gender, dan Kepemimpinan.

Sebagai informasi, Rapat Koordinasi Nasional Pemuda dan Olahraga Nasional 2023 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Halaman:

Editor: Badrudin PandeglangNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kereta Api Whoos Tak Kalah dengan ICE

Kamis, 28 September 2023 | 11:08 WIB
X