• Selasa, 29 November 2022

4 Muntahan Ikan Paus yang Perlu Kamu Ketahui, Bahan Baku Parfum Hingga Pengobatan Medis

- Senin, 23 Mei 2022 | 17:43 WIB
Potret muntahan ikan paus yang ternyata memiliki banyak manfaat (Pikiran-rakyat)
Potret muntahan ikan paus yang ternyata memiliki banyak manfaat (Pikiran-rakyat)

PANDEGLANGNEWS.CO.ID, - Mungkin belum begitu familiar di telinga masyarakat. Namun, siapa sangka jika ambergris memiliki harga yang cukup fantastis hingga miliaran rupiah.

Ambergris merupakan bagian-bagian keras hewan, seperti paruh cumi-cumi yang sudah tercampur oleh cairan empedu yang berasal dari sistem pencernaan paus sperma yang dikeluarkan dari mulut.

Gumpalan ambergris terbentuk di pencernaan paus sperma selama bertahun-tahun. Secara alami, ambergris akan dimuntahkan oleh paus sperma dengan sendirinya.

Memang sebenarnya apa sih manfaat dari muntahan paus hingga sangat dicari dan dijual dengan harga yang tinggi?

1. Sebagai bahan baku pembuatan parfum

Ambergris saat ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku industri kosmetik. Biasanya pemanfaatannya adalah sebagai pengikat aroma parfum langka seperti musk.

Muntahan paus ini dapat membuat aroma wangi pada parfum bertahan lebih lama. Jadi tak heran jika ambergris sendiri mempunyai harga yang setinggi selangit.

2. Alternatif pengobatan

Selain menjadi campuran parfum, ambergris juga berperan di dunia medis seperti pengobatan pilek, sakit kepala, melindungi individu dari wabah, dan kegunaan lain, baik bersifat fisik, mental, maupun psikologis.

Halaman:

Editor: Ahmad Hariri Ajiz

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Sepatu Adidas Original yang Ramai Peminat

Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:02 WIB
X