Sejarah Singkat Tentang Telepon Genggam dan Perkembangannya Dari Awal Hingga Masa Sekarang

- Jumat, 24 Desember 2021 | 07:59 WIB
Ilustrasi perkembangan telepon genggam dari awal sampai sekarang (Tangkapan layar (internet))
Ilustrasi perkembangan telepon genggam dari awal sampai sekarang (Tangkapan layar (internet))

PANDEGLANGNEWS.CO.ID - Setiap orang di jaman sekarang hampir aktifitas masing-masing orang dihabiskan dengan menggunakan Telepon Genggam. Kata Telepon genggam bisa disebut telepon seluler (ponsel) atau juga disebut handphone (HP).

Alat canggih ini sangat sakti dan sering menemani aktifitas orang bukan hanya untuk main saja tetapi bisa untuk menyelesaikan pekerjaan pribadi atau pun hal lainnya.

Dimana HP merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan Juhdan konvensional saluran tetap.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 6 Cara Unik Usir Tuyul dari Rumah, dijamin Tuyul bakal Lupa untuk Mengambil Uang Kita

tetapi dapat dibawa ke mana-mana (portable atau mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (komunikasi nirkabel atau wireless communication).

Saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi 1-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya.

Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon genggam pertama dan diperkenalkan kepada publik pada 3 April 1973. Telepon genggam yang ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram.

Baca Juga: Rionny Mainaky Ketua Pembinaan PP PBSI Menggelar Seleksi Nasional di Pelatnas Cipayung, Jakarta timur

Penemu telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC.

Halaman:

Editor: Ahmad Hariri Ajiz

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepatu Adidas Original yang Ramai Peminat

Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:02 WIB
X